Youtube Paksa Pengguna Menggunakan Nama Asli di Kotak Komentar


Suka berkomentar di Youtube? Kini Anda harus siap memakai nama asli di kotak komentar. Sebab Google ‘memaksa’ penggunanya menggunakan nama asli.

Seperti dilaporkan The Huffington Post, Rabu (25/07/12), belum lama ini Youtube telah merilis fitur ‘pemburam’ wajah. Kini, perubahan minor kembali diterapkan khususnya di perihal komentar.

Bukan menjadi rahasia umum, justru dari komentarlah sebuah video di Youtube menjadi populer. Debat antar pengguna, saling dukung, saling hujat, mewarnai setiap video yang diunggah di Youtube.

Nah, untuk ‘merapikan’ komentar pengguna, Youtube akan ‘memaksa’ mereka menggunakan nama asli saat ingin berkomentar. Dan Youtube akan menyodorkan akun Google+ mereka.

Tak hanya nama, pengguna akan menggunakan foto profil yang ada dalam akun jejaring sosial ‘plus-plus’ tersebut. Memang kebijakan ini bukan kewajiban, namun Google mengharuskan.

Nantinya setiap Anda akan berkomentar, Youtube akan menyodorkan akun Google+ Anda. Jika Anda menolak menggunakan akun tersebut untuk berkomentar, Anda harus menuliskan alasannya.

Lantas kapan perubahan minor ini akan diumumkan dan diterapkan? Youtube tidak akan mengumumkan perubahan ini dan bisa saja diterapkan secara tiba-tiba.

Sejatinya sejak 29 Juni lalu, setiap pengguna Google+ akan melihat hal yang sama sesuai dengan aktivitasnya di Youtube. Ini berarti, fitur tersebut sudah mulai ditawarkan sejak bulan lalu.

Jika Anda gemar berkomentar pedas dan miring, mulai saat ini hendaknya dikurangi. Sebab nama asli dan foto Anda  bakal muncul di kotak komentar.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Sponsor